Hranicka Propast: Gua Bawah Air Terdalam Di Dunia

Share On Facebook
Share On Twitter
Hranicka Propast: Gua Bawah Air Terdalam Di Dunia

Hranicka Propast: Gua Bawah Air Terdalam Di Dunia

Gua bawah air terdalam di dunia telah ditemukan oleh tim penjelajah di Republik Ceko, mengukur setidaknya 404 meter (1.325 kaki) yang mendalam.

Gua Bawah Air Terdalam Didunia

Sinkhole banjir batu kapur , yang dikenal sebagai Hranicka Propast atau Hranice Abyss, terletak di cagar alam Hurka u Hranic di timur negara itu. Telah disurvei berkali-kali oleh penjelajah Polandia Krzysztof Starnawski selama 20 tahun terakhir, namun Mr Starnawski tidak pernah menemukan dasarnya sampai sekarang, sudah mampu mengukur melampaui kedalaman 370 meter (1.214).
Kali ini,  ekspedisi yang dilakukan pada tanggal 27 September, tim menggunakan bantuan remotely-operated underwater robot (ROV)  untuk mengeksplorasi lebih dalam memasuki jurang yang sempit .

Tapi robot itu masih tidak dapat menemukan dasar gua karena mencapai akhir kabelnya yaitu 404 meter. Bagaimanapun, hal ini lebih dari cukup untuk mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, sinkhole Pozzo del Merro di Italia, dengan kedalaman 12 meter.

Dana Ekspedisi Gua Terdalam Hranicka Propast

Ekspedisi ini didanai sebagian oleh National GeographicDalam sebuah wawancara yang diterbitkan di situs web mereka, Mr Starnawski menjelaskan bahwa ia harus menyelam ke bawah 200 meter (656 kaki) sebelum menyebarkan robot.

“Saya scuba menyelam ke 200 meter sebelum memasukkan ROV untuk membuat garis lintas robot, Tujuannya adalah untuk memberikan ROV awal yang baik dari sana ke bagian terdalam dari gua. Hasilnya menakjubkan,” tambahnya.

Di Facebook, tim ekspedisi Hranicka Propast merayakan rekor tersebut.
“Kami berhasil! Hranicka Propast adalah gua bawah air terdalam di planet ini!” ujarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *