Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan

Share On Facebook
Share On Twitter
posisi tidur yang baik

posisi tidur yang baik

Tidur adalah cara istirahat yang secara alami sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Posisi Tidur yang baik bagi kesehatan juga harus diperhatikan.

Orang dewasa sehat disarankan supaya mendapatkan tidur malam sebanyak 7 atau 8 jam dalam sehari, termasuk untuk memberikan kesempatan bagi beberapa hormon untuk bekerja secara maksimal. Terlepas dari jumlah dan waktu tidur, ternyata posisi tidur juga bisa berpengaruh bagi tubuh, baik itu positif ataupun negatif.

Posisi Tidur yang baik bagi kesehatan

Memang pada awalnya terasa sulit untuk mengubah cara atau posisi tidur, namun Anda perlu untuk mengetahui mana kebiasaan tidur yang baik dan mana yang tidak baik bagi tubuh Anda.

Posisi Tidur Miring Ke Kiri Akan Membebani Jantung

Bagi anda yang terbiasa tidur dengan posisi miring, usahakan untuk melakukannya pada posisi miring ke kanan karena jika posisi tidur miring ke kiri dapat membebankan jantung oleh berat badan kita.

Secara anatomis, jantung terletak di rongga dada sebelah kiri. Cukup beralasan jika muncul anggapan bahwa tidur dengan posisi miring ke kiri akan memberi tekanan berlebih pada jantung.

Jika posisi tidur kita miring ke kiri, maka jantung akan mengalami kelelahan akibat harus terus memompa dengan beban yang cukup berat dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sebuah penelitian tahun 2004 menyebut bahwa tidur dengan posisi miring ke kiri menghadirkan mimpi buruk pada 41 persen partisipan. Sedangkan pada partisipan yang tidur dengan posisi miring ke kanan, mimpi buruk hanya dialami oleh 15 persen partisipan.

Posisi tidur yang terbaik

Posisi tidur yang terbaik yaitu seperti hal nya pada cara tidur bayi di dalam kandungan dengan punggung yang melengkung dan kaki sedikit menekuk kearah dada, posisi tidur seperti ini dapat bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah pada tulang punggung, meringankan pernafasan dan organ-organ tubuh lainnya akan lebih leluasa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *