Solusi Ketika Ditipu Pengembang Bodong

Share On Facebook
Share On Twitter
Solusi Ketika Ditipu Pengembang Bodong

Solusi Ketika Ditipu Pengembang Bodong

news.lapaklaku.com –¬†Maraknya pembangunan rumah berharga miring semakin banyak belakangan ini. Bagi pembeli awal ini adalah keuntungan, namun tidak sedikit yang merugi karena memutuskan membeli rumah dengan harga miring. Salah satunya akibat keberadaan pengembang yang bodong.

Jika tidak jeli melihat situasi, pengembang bodong alias penipuan berkedok pengembang perumahan bisa ditemui dengan mudah. Mereka akan dengan mudah memberikan promosi pembelian rumah tanpa kesulitan pembayaran. Rumah tanpa DP atau pun pembayaran DP yang bisa dicicil.

Saat sudah memasuki proses akad KPR (Kredit Pemilikan Rumah), proses pembayaran cicilan sudah dilakukan bahkan rumah sudah dilunasi, pengembang tersebut justru tidak memberikan berbagai dokumen yang memang diperlukan sebagai bukti, seperti bukti bayar cicilan, hingga sertifikat resmi. Jika hal ini terjadi, berarti Anda sudah berhadapan dengan pengembang nakal.

Amarah dan rasa kesal tentu akan Anda rasakan saat mengalami hal tersebut. Namun jangan mengalaminya berlarut-larut, melainkan bertindaklah sesegera mungkin.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendatangi bank penyedia KPR yang Anda gunakan. Berilah informasi terkait hal yang Anda alami dan Anda akan dapat mengurus penghapusan tanggungan mengingat Anda sudah tidak memiliki cicilan. Pastikan juga Anda meminta bukti bahwa Anda telah melunasi cicilan dengan baik.

Setelah itu datangi kantor pertanahan setempat. Lakukanlah pencoretan hak tanggungan dan pastikan Anda bertanya akan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk pencoretan tersebut. Biasanya proses pencoretan hak tanggungan dilakukan dalam jangka waktu tujuh hari kerja. Setelah bukti pencoretan tanggungan telah menjadi milik Anda, maka kembalilah ke bank untuk meminta sertifikat yang menjadi jaminan cicilan.

Jika pihak bank mengatakan bahwa sertifikat rumah Anda tidak ada di sana, maka Anda perlu melakukan jalur hukum perdata. Mintalah jasa pengacara dengan membawa berbagai bukti dokumen yang sudah Anda miliki. Dengan menggunakan jalur ini maka pengembang dipastikan tidak akan bisa berkutik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *