Tips Atasi Bau Tidak Sedap Pada Kabin Mobil

Share On Facebook
Share On Twitter
Tips Atasi Bau Tidak Sedap Pada Kabin Mobil

Tips Atasi Bau Tidak Sedap Pada Kabin Mobil

Bau tak sedap bisa muncul di dalam kabin kapan saja meski usia kendaraan terbilang masih sangat muda dan baru menempuh jarak beberapa puluh ribu kilometer saja. terlebih lagi ketika menghidupkan AC, hembusan yang dikeluarkan bisa berbau sangat tak sedap dan sangat mengganggu.

Untuk mengatasi masalah awal, ketika AC dihidupkan, bukalah semua kaca secara penuh. Jika sudah tak berbau lagi, tutup kembali kaca tersebut.

Namun, solusi ini pun bisa menimbulkan masalah lain berupa partikel-partikel debu yang bisa masuk kabin.

“Sebenarnya, kejadian ini bisa menimpa semua pengguna mobil. Ada yang bau pesing, bau apek, bau lembab. Biasanya karena kabin kotor atau suka membawa barang yang bau menyengat,” ungkap seorang mekanik dari salah satu bengkel AC

Kabin Mobil Harus Bersih Dari Sampah

Untuk itulah, semua sampah dan barang yang bisa berpotensi menimbulkan bau harus dikeluarkan dari dalam kabin. Pasalnya, AC memanfaatkan udara kabin terutama dari bagian kaki untuk dijadikan hembusan hawa dingin.

Karenanya akan lebih baik jika kondisi kabin selalu dalam kondisi bersih sehingga bau tak akan menyerang ketika AC dinyalakan. Bau tak sedap bisa muncul kendaraan yang dilengkapi dengan selektor AC mengenai pasokan udara dari luar.

Udara luar yang sangat kotor bisa menjadi potensi untuk menyebabkan hembusan AC berbau tak enak.

Solusi Atasi Bau Pada Kabin Mobil

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah ini, pertama adalah memerika filter kabin yang biasanya sudah sangat kotor sehingga membuat kotoran terdorong oleh udara sirkulasi dan menyebabkan bau.

Bila menemui kondisi filter kabin yang sudah sangat kotor, gantilah dengan yang baru dengan cara membuka laci dan pegangan yang ada.

Setelah terlepas dari tempatnya, cuci bersih komponen yang ada. Berhati-hatilah saat melakukan pembersihan ini, resistor tak boleh terkena air karena bisa menyebabkan konslet.

Untuk bagian evaporator bisa dibersihkan dengan disemprot air atau dengan direndam air. Supaya bisa menghilangkan bau tak sedap, bisa campurkan pewangi pakaian pada air rendaman.

Untuk hasil yang maksimal, jangan lupa mencuci kondensor. Semprot bagian belakang terlebih dahulu untuk mengeluarkan kotoran yang ada.

Setelah semua sudah dibersihkan, rangkai kembali dan coba hidupkan AC. Hembusan tak akan berbau apek atau pesing lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *