Wajah Baru KBS Siap Dinanti Warga Surabaya

Share On Facebook
Share On Twitter
Wajah Baru KBS

Wajah Baru KBS

Dengan Usia yang sudah melewati satu abad, Wajah Baru Kebun Binatang Surabaya (KBS) siap dinanti warga surabaya

KBS bakal dirancang menghadap ke Jalan Wonokromo plus dilengkapi plaza dan underpass yang tersambung ke Terminal Joyoboyo.

Desain Wajah Baru Kebun Binatang Surabaya

 Wajah baru bonbin itu kemarin (7/10) mulai dirapatkan. Pemkot, manajemen Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS), dan PT KAI mulai rapat serta mengecek lokasi.

 Kepala Dinas Pertanian Joestamadji menyatakan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memerintahkan agar pengembangan KBS terkoneksi dengan Terminal Joyoboyo serta rencana moda transportasi masal.

”Oleh karena itu, wajah KBS akan diubah. Tak lagi menghadap Jalan Setail, tapi langsung ke Jalan Raya Wonokromo,” ujar Joestamadji.

Dengan dihadapkan ke wonokromo, warga surabaya akan dengan mudah mendapatkan angkutan massal disisi wonokromo. Nah, agar pengunjung gampang masuk KBS, pemkot menyiapkan underpass. Ruang bawah tanah itu membentang dari park and ride di Terminal Joyoboyo ke pintu di sisi selatan kompleks KBS.

Park and ride itu bakal menjadi lokasi parkir utama KBS. Pengunjung yang keluar dari underpass nantinya langsung diarahkan ke plaza. Diharapkan pengunjung tidak berjubel lagi di loket seperti kondisi saat ini.

”Jadi, mereka tidak berjubel di pedestrian seperti di loket yang ada saat ini,” kata Zaky Umara.

Zaky adalah arsitek dari Sahabat KBS yang dilibatkan dalam revitalisasi bonbin.

Ada Plaza Pada Konsep Desain Wajah Baru KBS

Plaza tersebut merupakan space yang disediakan sebagai area komersial KBS. Konsepnya toko-toko kecil seperti di underpassantara terminal dan Blok M Square di Jakarta Selatan.

 ”Harapannya, dari aspek ekonomi, toko-toko itu bisa menambah pendapatan KBS,” jelas pria lulusan ITS tersebut.

Pembangunan plaza nantinya dipastikan tidak mengganggu kawasan konservasi di KBS. Meski ada kandang satwa tertentu yang tergusur.

Sebab, manajemen KBS memang tengah menata zona untuk satwa koleksi mereka. Kandang yang tergusur nanti diganti lahan yang kini dimanfaatkan sebagai tempat parkir.

”Nanti parkir KBS seluruhnya dipindah ke park and ride di Joyoboyo,” jelas Joestamaji. Area parkir kini mempunyai luas 4.000 meter persegi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *