Eks Arsenal Menjadi Pesepak Bola Terkaya

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dianggap sebagai pesepakbola dengan pendapatan tertinggi saat ini. Siapa sangka, ada yang lebih kaya dari keduanya.

Seperti dilansir Forbes, saat ini, Ronaldo disebut-sebut memiliki kekayaan mencapai USD 614 juta atau setara dengan Rp 8,4 triliun.

Sementara, Messi ditaksir mempunyai kekayaan mencapai USD 230 juta (Rp 3,1 triliun). Adapun legenda sepakbola sekelas David Beckham memiliki kekayaan mencapai USD 492 juta (Rp 6,7 triliun).

Tapi pesepakbola dengan kekayaan terbesar rupanya dimiliki Mathieu Flamini. Ya, eks bintang Arsenal, AC Milan, dan kini bermain untuk Getafe itu tercatat jadi pesepakbola paling kaya sekarang.

Pendapatan Flamini bukan dari gajinya sebagai pemain, tapi bisnis sampingannya. Apa itu?

Flamini mengembangkan bisnis perusahaan biokimia. Perusahaan itu menghasilkan energi alternatif pengganti minyak bumi sebagai bahan bakar.

Perusahaannya mengolah sampah organik dan plastik sebagai bahan utamanya. Perusahaan tersebut mengolahnya menjadi energi ramah lingkungan dan cukup berperan untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan akibat efek rumah kaca.Perusahaannya ditaksir punya nilai aset mencapai 30 milyar dolar atau mencapai 412,6 triliun. Kekayaan Flamini sendiri mencapai 15 milyar dolar atau setara dengan Rp 206,3 triliun.

Meski sudah mempunyai penghasilan yang lebih tinggi ketimbang gajinya sebagai pesepakbola, Flamini tak meninggalkan lapangan hijau. Di usia yang sudah mencapai 34 tahun, ia masih aktif bermain.

Musim ini, Flamini bergabung dengan Getafe setelah kontraknya tidak diperpanjang Crystal Palace. Ia baru bermain sekali, dengan menjadi pemain pengganti saat Getafe menahan imbang Barcelona 0-0 di Camp Nou, 11 Februari lalu.

News Reporter